Wakil Bupati Melawi Buka PRA RAT KSP CU Keling Kumang Tahun Buku 2021

Wakil Bupati Melawi Buka PRA RAT KSP CU Keling Kumang Tahun Buku 2021

Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen, membuka kegiatan PRA Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) CU Keling Kumang Tahun Buku 2021 di Gedung Emaus Nanga Pinoh, Jumat (14/01/2022). Turut hadir pada kegiatan tersebut pimpinan dan jajaran pengurus, serta anggota KSP CU Keling Kumang.

Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen dalam sambutannya mengucapkan apresiasinya atas terselenggaranya Pra RAT KSP CU Keling Kumang, yang mana menurutnya para pengurus dan pengawas sudah mampu menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, dimana koperasi wajib melaksanakan RAT minimal 1 (satu) kali setahun dan menjadikan sebagai kekuasaan tertinggi dalam tata kehidupan demokrasi koperasi.

“Forum rapat ini merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi koperasi. Oleh karena itu, dalam forum ini setiap angora memiliki hak berbicara untuk mengeluarkan pendapatnya sehingga diharapkan pertanggungjawaban yang akan disampaikan pengurus nanti, tentunya anggota dapat mengetahui perkembangan usaha yang dijalankan selama tahun 2021”, ujarnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati mengatakan RAT memiliki arti penting dan strategis sebagai wahana untuk mengevaluasi berbagai kegiatan selama setahun buku, dimana berbagai kekurangannya akan diperbaiki dan disempurnakan serta keberhasilan yang telah diperoleh harus dipertahankan dan terus ditingkatkan.

“Mengingat pentingnya kegiatan Pra RAT ini, saya berharap seluruh peserta untuk dapat berperan aktif dalam memberikan tanggapan, usulan, saran, maupun kritik yang membangun guna memajukan dan mengembangkan Koperasi KSP CU Keling Kumang”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Wakil Bupati mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Melawi sangat mendukung adanya koperasi di Kabupaten Melawi. Menurutnya, kehadiran koperasi di Melawi telah ikut membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selama berdiri kurang lebih 28 tahun, KSP CU Keling Kumang telah ikut banyak mendukung dan membantu pembangunan daerah khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini banyak program yang dilakukan CU Keling Kumang yang mendukung kegiatan usaha kecil dan menengah produktif milik masyarakat”, katanya.

Menutup sambutannya, Wakil Bupati berharap dengan dilaksanakannya RAT tersebut, KSP CU Keling Kumang dapat lebih meningkatkan peran dan fungsinya, sehingga mampu tampil sebagai koperasi yang serba guna, mandiri, serta mampu bersaing dengan lembaga perekonomian lainnya.

“Saya berharap keberadaan KSP CU Keling Kumang akan lebih bermakna dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan perekonomian di Kabupaten Melawi khususnya, maupun memberikan kontribusinya dalam menunjang pembangunan perekonomian yang lebih luas”, tutupnya. (Humas/Fariz)