KPK RI Gelar Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Tahun 2022 dan Program Tematik di Kabupaten Melawi.

KPK RI Gelar Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Tahun 2022 dan Program Tematik di Kabupaten Melawi.

MELAWI – Pemerintah Kabupaten Melawi dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) laksanakan  Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Tahun 2022 dan Evaluasi Program Tematik yang dilaksanakan di Convention Hall Kantor Bupati, Kamis (30/06/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi diantaranya Bupati Melawi, Sekretaris daerah Kabupaten Melawi, Kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Melawi.

Dalam kegiatan itu diterangkan, berdasarkan ketentuan Pasal 6 huruf b Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, bahwa KPK bertugas melakukan koordinasi dengan instansi yang berwenang melaksanakan tindak pidana korupsi dan instansi yang bertugas melaksanakan pelayanan publik. Serta dalam rangka  upaya peningkatan perbaikan tata kelola pemerintah daerah,  KPK melakukan monitoring evaluasi MCP dan tematik di Kabupaten Melawi.

Menurut pembicara dari KPK Ibu irawati, sesuai dengna UU no 31  tahun 1999 jo UU no 20 tahun 2001 korupsi dirumuskan dalam 30 jenis tipikor, dan dikelompokan menjadi 8 Area intervensi  pada tata kelola pemerintah dearah diantaranya perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang jasa, pelayanan Perizinan, pengawasan  afip, manajemen asn, optimalisasi pendapatan daerah dan pengelolaan dana desa, terang tim satgas korsupgah ini.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Bupati Melawi H. Dadi Sunarya U.Y menyebutkan dalam rangka capaian tata kelola pemerintahan yang baik pemda Kabupaten Melawi akan terus menerus dalam pencegahan korupsi diantaranya dengan sosialisasi pedoman pelaporan MCP pemerintah daerah dengan melibatkan dinas dan OPD terkait.Terang H.Dadi

 Secara umum capaian nilai MCP Kabupaten Melawi  meningkat setiap tahunnya, dimana pada tahun 2020 dengan Nilai 40,81%, lalu meningkat menjadi 72,78 % pada tahun 2021, Tutupnya. (Dani/Kominfo IKP)